Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini

Pendidikan seks untuk anak usia dini biasanya akan dimulai ketika putra-putri anda muncul keingintahuan tentang tubuhnya. Berikut adalah cara bagaimana menjelaskan pendidikan seks pada anak-anak dan bagaimana untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka seputar seks.

Pendidikan seks pada anak sangat penting

Pendidikan seks untuk anak usia dini adalah topik yang banyak dihindari oleh para orangtua. Biasanya orang tua akan mengalihkan pembicaraan tersebut terkait dengan pertanyaan anak seputar seks setidaknya untuk sementara waktu. Tapi tindakan tersebut tidak selalu benar. Pendidikan tentang seks bagi anak dapat dimulai kapan saja. Biarkan saja anak Anda berekplorasi dengan pertanyaan-pertanyaan nya.pendidikan seks untuk anak usia dini

Eksplorasi awal

Ketika anak-anak belajar untuk berjalan dan berbicara, mereka juga mulai belajar tentang tubuh mereka. Mengawali pengetahuan seks pada anak dapat dimulai dengan mengajari putra-putri Anda nama yang tepat mengenai organ tubuh mereka. Mungkin saat yang tepat adalah ketika waktu mandi. Jika anak Anda menunjukkan setiap bagian tubuh maka katakan padanya apa adanya. Ini adalah waktu yang tepat untuk berbicara tentang setiap bagian dari tubuhnya.

Ketika anak Anda meminta pertanyaan tentang bagian tubuhnya sebaiknya Anda jangan tertawa atau malu untuk menjelaskan. Jelaskan semuanya sesuai kemampuannya memahami berdasarkan usianya. Jika anak Anda ingin tahu lebih banyak maka dia pasti akan bertanya.

Merespon stimulasi diri

Banyak balita mencari jawaban keingintahuan seksualnya melalui stimulasi diri. Anak laki-laki mungkin menarik pada penis mereka, dan anak perempuan mungkin memegang alat kelamin mereka. HHal tersebut adalah normal tapi jika anak Anda mulai melakukan hal tersebut di depan umum, maka coba untuk mengalihkan perhatian mereka supaya tidak melakukan hal tersebut. Jika gagal, bawa anak Anda ke tempat sepi dan jelaskan tentang pentingnya privasi.

Kadang kebiasaan memegang alat kelamin dapat mengindikasikan adanya masalah dalam kehidupan seorang anak. Mungkin dia merasa cemas atau tidak menerima perhatian yang cukup di rumah. Ini bahkan bisa menjadi tanda pelecehan seksual. Mengajarkan anak Anda bahwa tidak diperbolehkan untuk menyentuh bagian-bagian pribadi tubuhnya tanpa izin. Jika Anda ingin tahu tentang tumbuh kembang anak Anda, berkonsultasilah dengan psikolog anak di Jogja. Karena itu tidak ada salahnya kan untuk mulai memberikan pendidikan seks untuk anak usia dini secara tepat.

One Response
  1. blank Husni 5 tahun ago

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp Kami