Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi SMA SMP, Disini Tempatnya!

Konten [Tampil]

Tes iq untuk masuk kelas akselerasi adalah sebuah tes yang dijalani bagi para siswa SMP dan SMA yang hendak masuk ke kelas percepatan, dimana kelas ini tersedia untuk anak-anak dengan tingkat intelegensia tinggi. Program belajar ini merupakan sebuah fasilitas yang tersedia di sekolah khusus bagi siswa yang memiliki kelebihan secara intelegensia dan juga berprestasi secara akademis. Seluruh siswa yang terdapat dalam kelas akselerasi adalah para siswa terpilih, dikarenakan para pelajar tersebut akan menjalani sistem pembelajaran yang cukup berlainan dibandingkan siswa yang belajar di dalam kelas reguler. Bisa dipahami dikarenakan seluruh pelajar pada kelas akselerasi diharuskan untuk mempunyai kemampuan dalam menjalani metode pembelajaran yang cenderung cepat serta padat.

Disamping hal tersebut dikarenakan waktu pembelajaran mereka di kelas akselerasi cukup singkat, padat dan cepat, maka para pelajar di kelas akselerasi juga harus mampu mencari juga mempelajari materi pembelajaran yang bersumber dari luar sekolah seperti internet dan sebagainya. Karena itu para pelajar dalam kelas percepatan diwajibkan untuk mampu mandiri dalam belajar serta berlatih soal terlebih ketika berada di luar jam sekolah. Berikut di bawah merupakan beberapa penjelasan serta manfaat Tes IQ pada anak dalam pendidikan.

Berapa Skor Minimal Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi?

Berdasarkan dengan keputusan Asosiasi MKKS Akselerasi semua jenjang pendidikan se-Indonesia yaitu untuk masuk kelas akselerasi, para pelajar harus mempunyai nilai minimal untuk Tes IQ 130. Nilai ini sudah pasti telah melewati banyak pertimbangan, sebab apabila nilai Tes IQ 130 ke bawah maka akan dikhawatirkan siswa tidak mampu mengikuti materi pembelajaran di kelas akselerasi secara lancar.

Secara sekilas mungkin kelas akselerasi akan terlihat seperti tersedia bagi anak-anak unggulan di sekolahnya. Sekalipun demikian bukan berarti setiap anak yang selalu tampil sebagai juara dengan nilai tertinggi di kelas maka pasti dapat masuk ke dalam kelas akselerasi. Sesuai yang telah diulas sebelumnya bahwa kelas akselerasi ini hanya dikhususkan untuk pelajar yang memiliki IQ 130 ke atas.

Karena itulah maka kelas percepatan menjadi sebuah tantangan teruntuk sebagian pelajar yang memenuhi kriteria tersebut. Sekalipun mungkin ada juga beberapa siswa yang tidak siap walaupun mempunyai nilai IQ diatas 130.

tes iq untuk masuk kelas akselerasi

Adakah Perbandingan Kelas Akselerasi dengan Reguler?

Sesuai tujuan dimana kelas ini memang diperuntukkan bagi para pelajar yang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda dengan siswa yang berada di kelas regular, maka sudah tentu terdapat beberapa perbedaan diantara kelas regular dengan kelas akselerasi.

Seperti halnya bagi siswa SMA yang berada di kelas akselerasi mereka akan dapat lulus lebih cepat dengan waktu hanya 2 tahun saja. Ini dikarenakan siswa kelas akselerasi memiliki semester hanya 3 bulan sehingga mengalami naik kelas setiap 6 bulan. Tidak sama dengan siswa reguler pada umumnya yang menempuh masa pendidikan selama tiga tahun dalam menyelesaikan masa studi tingkat SMA nya.

Karena berisikan anak-anak pilihan, maka dalam kelas akselerasi jumlah siswa juga lebih sedikit apabila dibandingkan jumlah siswa di kelas regular pada umumnya. Dengan jumlah siswa yang tidak banyak maka hal ini merupakan sebuah kesempatan untuk semakin mendukung proses pembelajaran bagi siswa serta guru menjadi lebih berkualitas.

Dengan waktu belajar yang singkat maka materi belajar juga menjadi padat, ini membuat kelas percepatan menjadi lebih banyak tugas atau PR serta ujian atau ulangan.

Berapa Biaya Tes IQ SMA SMP Untuk Masuk Kelas Akselerasi?

Di Yogyakarta untuk mendapatkan layanan Tes IQ untuk masuk kelas akselerasi bisa diperoleh dari beberapa lembaga psikologi Jogja yang menyediakan layanan tes ini. Biaya Tes IQ SMA dan SMP kelas akselerasi adalah Rp 280.000 dengan menempuh waktu tes sekitar selama 90 menit. Ketika pelaksanaan psikotes selesai maka hasilnya akan diskoring kemudian diinterprestasikan dalam sebuah bentuk laporan yang berupa HPP atau hasil pemeriksaan psikologis. Hasil tersebut kemudian dapat dipakai untuk surat keterangan atau surat rekomendasi sesuai dengan kebutuhan. Lama penyerahan hasil tersebut sejak dari pelaksanaan psikotes cukup beragam antar lembaga psikologi, tapi di Biro Psikologi Laksita Educare hasil bisa didapatkan relative lebih cepat.

Dari laporan hasil Tes IQ tersebut akan terlihat berapa skor IQ yang dipunyai oleh siswa itu. Apakah skor tersebut memenuhi kriteria sebagai persyaratan minimum yang ditentukan oleh sekolah untuk masuk kelas akselerasi atau tidak.

Tes IQ SMA

Tes IQ SMA adalah tes psikologi yang umumnya juga disajikan bersama dengan tes minat bakat sehingga bisa menjadi dasar untuk menentukan jurusan sesuai dengan kemampuan dan bakat mereka.

Dalam pelaksanaan Tes IQ bisa dilakukan secara individu di kantor lembaga psikologi ataupun secara klasikal, sehingga bisa dilakukan di sekolah jika memang dibutuhkan.

Dimana Tempat Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi?

Apabila saat ini Anda atau kerabat sedang membutuhkan layanan Tes IQ untuk masuk kelas akselerasi atau layanan psikologi lain seperti Tes Minat Bakat di Jogja, Konsultasi Psikologi Anak dan sebagainya maka silahkan menghubungi Customer Service Biro Psikologi Laksita Educare Yogyakarta lewat WhatsApp atau klik https://go.lei.my.id/wa

Posting Komentar untuk "Tes IQ Untuk Masuk Kelas Akselerasi SMA SMP, Disini Tempatnya!"