Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlu Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD? Ditempat Ini Bisa Online!

Konten [Tampil]

Memasuki tingkat sekolah dasar, sebagian dari para orangtua memang disibukkan untuk mencari surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaan surat rekomendasi tersebut memang cukup penting untuk menunjukkan bagaimanakah kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak sebelum memasuki usia SD melalui tes psikologi.

Surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD adalah surat yang dikeluarkan oleh psikolog dimana didalamnya menjelaskan apakah siswa atau calon peserta didik tersebut sudah layak untuk memasuki pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataukah tidak walaupun belum memenuhi usia persyaratan umur.

Perlukan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD?

Sesuai dengan ketentuan mengenai usia anak masuk SD yang diatur pada Permedikbud nomor 14 taun 2018 dimana syarat untuk calon siswa kelas 1 SD berusia 7 taun atau paling rendah berusia 6 tahun pada 1 Juli dimana tahun berjalan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa seorang siswa yang mempunyai umur dibawah ketentuan tetapi memiliki kecerdasan maupun bakat istimewa membutuhkan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD tersebut. Hal ini agar anak yang belum memenuhi syarat usia dapat mengikuti proses seleksi masuk sekolah dasar dengan baik.

Jika dilihat sebenarnya, secara umum anak yang berusia 6 tahun kebawah memang belum siap untuk memasuki bangku sekolah dasar secara kognitif, moral, fisik hingga emosinya yang belum stabil. Tidak sedikit dari anak-anak yang memang mudah untuk marah, merasa takut dan malu hingga cepat bosan.

Tidak ada yang salah untuk memasukkan anak ke tingkatan pendidikan SD. Asalkan anak tersebut memang sudah memiliki kemampuan dan kecakapan yang bagus. Inilah pentingnya untuk menyertakan surat rekomendasi dari psikolog tersebut.

surat rekomendasi psikolog untuk masuk sd

Apa manfaat tes kesiapan sekolah dan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD?

Sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan tes kesiapan masuk SD serta surat keterangan psikolog untuk rekomendasi masuk SD tersebut diantaranya adalah:

1. Untuk melihat tingkat kemandirian anak

Manfaat pertama dengan adanya surat rekomendasi psikolog adalah untuk melihat bagaimana tingkat kemandirian anak tersebut dan kematangan social. Hal tersebut sangat penting karena dapat mengetahui apakah anak tersebut sudah siap dimasukkan ke dalam bangku sekolah ataukah tidak.

Hal ini bukan tanpa alasan karena tidak sedikit anak yang berada dibawah usia 6 tahun masih bergantung pada orangtua dan sulitnya untuk melakukan sosialisasi dengan teman-teman yang lainnya.

2. Mengetahui bagaimana kesiapan mental anak

Walaupun para orang tua melihat jika anak memiliki kemampuan kognitif yang bagus dan dipercaya dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Tetapi belum tentu apabila secara mental mereka dapat mengikuti pelajaran dengan baik bukan.

Disinilah keberadaan surat rekomendasi dari psikolog yakni untuk mengetahui seperti apakah kesiapan mental dari anak. Karena apabila mereka tidak mempunyai mental yang matang maka mereka akan berpotensi mengalami kesulitan untuk mengikuti jalannya proses pembelajaran. Bahkan dapat saja membuat mereka mudah bosan ketika berada di dalam kelas.

Demikian beberapa tujuan dari tes kesiapan masuk SD guna memperoleh surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD. Untuk memperoleh surat tersebut anak akan diberikan psikotes berupa Tes Masuk SD Dasar. Sebaiknya para orangtua memperhatikan pemilihan biro psikologi yang terpercaya dan berpengalaman. Usahakan psikolog tersebut memang memiliki layanan khusus untuk tes kematangan sekolah pada anak-anak, sehingga hasilnya juga akan lebih maksimal. Tidak ada salahnya untuk terlebih dulu menanyakan tentang layanan serta biaya yang dibutuhkan terkait layanan ini. Atau jika dibutuhkan Anda dapat berkonsultasi tentang kesiapan atau hal-hal yang berkaitan dengan kesiapan anak untuk masuk sekolah dasar.

Memang tidak ada salahnya buat memasukkan anak ke sekolah terbaik dalam memperoleh pendidikan yang terbaik  juga buat mereka. Tetapi pastikan anda memperhatikan usia mereka untuk sekolah. Hindarilah menyekolahkan mereka terlalu dini tanpa kematangan kognitif dan emosi sosial karena akan menyebabkan beberapa dampak buruk bagi mereka. Jika anda mencari surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD, pastikan anda memilih tempat tes kesiapan sekolah terbaik.

Berapa biaya surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD?

Biaya untuk mendapatkan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD adalah Rp 350.000 dengan durasi tes kesiapan sekolah sekitar 60 menit. Durasi tes kesiapan sekolah bisa lebih panjang tergantung dari kemampuan anak.

Bagaimana cara mendapatkan surat rekomendasi psikolog untuk masuk Sekolah Dasar?

Untuk memperoleh surat rekomendasi dari psikolog Anda dapat menghubungi layanan customer service Lembaga Psikologi Jogja Laksita Educare Yogyakarta melalui WhatsApp ke nomor 08170434500. Atau dapat juga dengan klik link berikut https://go.lei.my.id/wa

Posting Komentar untuk "Perlu Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD? Ditempat Ini Bisa Online!"