Konsultasi Psikologi Remaja Dinamika dan Solusinya

Konsultasi Psikologi Remaja merupakan sebuah layanan konsultasi atau konseling psikologi yang lumayan banyak dibutuhkan. Tentu saja layanan ini spesial bagi para remaja juga orang tua yang memiliki putra-putri yang beranjak remaja. Usia remaja yang menjadi tahapan penting ini merupakan masa dimana individu berada di tahap perkembangan kepribadian yang cukup kompleks. Tahapan ini berada ketika individu berada pada waktu dimana terdapat masa peralihan dari anak-anak dan beranjak ke arah dewasa.

Tahapan remaja dibagi menjadi 3 berdasar dari rentang waktunya, dimana dimulai dari masa remaja awal yang berada pada kisaran usia diantara 12 sampai 15 tahun. Lalu berlanjut pada masa remaja pertengahan yang berada pada kisaran usia antara 15 sampai 18 tahun. Tahap berikutnya dilanjutkan masa remaja akhir yang kemudian dapat disebut sebagai dewasa awal mulai umur 18 sampai dengan 21 tahun.

Dinamika Psikologi Remaja dan Solusinya

Pada masa remaja awal ditandai dengan adanya peningkatan yang cepat dari pertumbuhan dan pematangan fisik, intelektual dan emosional. Peningkatan dan perkembangan tersebut terus berkembang ke masa remaja pertengahan hingga masa remaja akhir. Dalam setiap tahapan pada setiap rentang waktu tersebut, individu mengalami cukup beragam perubahan serta perkembangan yang terjadi pada individu, baik berupa perubahan fisik atau psikologi yang cukup kompleks. Perubahan secara fisik yang nyata terlihat diantaranya pada seorang pria akan mulai muncul jakun dan perubahan suara, tumbuhnya rambut pada beberapa area tubuh dan perubahan lainnya. Hal serupa juga dialami pada wanita dengan mulai berkembangnya payudara, mengalami menstruasi dan sebagainya.

Konsultasi Psikologi Remaja

Psikologi Remaja dan Perkembangan Emosinya

Pada masa memasuki remaja, seorang anak akan cenderung mengalami perkembangan kecerdasan emosional psikologis secara kompleks. Tidak jarang seorang remaja menunjukkan perilaku dan emosi yang tidak stabil. Terkadang diperlihatkan dalam bentuk perilaku secara meledak, namun juga sebaliknya dapat terlihat tidak bergairah dan sering malas. Namun seiring bertambahnya usia maka kondisi seperti tersebut akan mereda dan mulai cenderung menuju yang kondisi stabil.

Hal seperti tersebut di atas yang kemudian menjadikan sebagain orang tua berkeinginan untuk melakukan konsultasi psikologi remaja untuk mengetahui bagaimana cara tepat dalam menghadapi perkembangan anak-anak remaja mereka. Terkadang kurang tepatnya respon orang tua terhadap perubahan atau perkembangan anak juga menjadi penyebab stres pada remaja. Beberapa contoh emosi serta perilaku psikologi yang muncul pada remaja dapat berupa berikut di bawah ini :

  • Perilaku Agresif pada remaja yang merupakan suatu kondisi emosi berupa campuran rasa frustasi, benci atau marah. Perilaku ini diperlihatkan berupa sikap yang suka menentang , menunjukkan sifat yang keras kepala, suka konflik, melakukan pertentangan dengan lingkungan atau mengganggu yang lain.
  • Regresif yang ditunjukkan berupa lari dari kenyataan dengan suka melamun serta menyendiri. Dalam beberapa keadaan hal seperti ini membuat remaja berkeinginan untuk mencoba atau mengkonsumsi minuman keras bahkan obat terlarang.

Lingkungan memang sangat menentukan perilaku dan emosi remaja. Dengan berada di lingkungan yang sehat dan positif maka akan membentuk seorang remaja untuk berperilaku dan memiliki emosi psikologi seperti beberapa contoh berikut ini :

  • Adekuasi (ketepatan) emosi merupakan salah satau tanda kematangan emosi remaja, yang ditandai dengan adanya cinta kasih, simpati dengan orang lain, suka membantu, peduli, menghargai dan sebagainya.
  • Memiliki kemampuan untuk mengelola emosi yang muncul dalam dirin remaja dengan ditunjukkannya sikap tidak mudah tersinggung, lebih tenang serta menerima kegagalan secara bijaksana.
  • Sangat tertarik untuk mempelajarihal- hal baru yang positif serta mengembangkan dirinya.
  • serta masih banyak lagi

Ketika seseorang memasuki masa remaja, maka sebagian besar dari mereka mulai tertarik pada pencarian jati diri mereka guna untuk menjawab tentang siapa sesungguhnya saya ini sesungguhnya. Pada tahapan proses pencarian jati diri seperti inilah kehadiran dan pendampingan orang tua sangat berpengaruh besar dan penting sekali. Atau jika diperlukan maka orang tua bisa melakukan konsultasi psikologi remaja di biro psikologi terdekat.

hal tersebut di atas perlu menjadi perhatian agar anak bisa menemukan atau memiliki model yang positif karena anak remaja cenderung memiliki idola dan akan menirunya. Bayangkan jika pada tahap ini berjalan tanpa pendampingan dan kehadiran orang yang tepat maka dikhawatirkan anak akan terbawa oleh pemahaman atau pergaulan yang tidak positif atau salah. Hal ini tentu saja akan berdampak kurang baik pada perkembangan psikologi remaja mereka.

Konsultasi Psikologi Remaja Terdekat

Memasuki masa remaja bagi seorang anak merupakan masa yang begitu menyenangkan namun cukup penting dan menentukan dalam pembentukan diri seseorang. Untuk mewujudkannya remaja tentu saja sangat membutuhkan pendampingan dalam setiap tahapan yang mereka jalani selama proses pengenalan dan pembelajarannya.

Jadi apabila saat ini Anda sebagai orang tua maupun para remaja sedang membutuhkan layanan konsultasi psikologi remaja silahkan menghubungi Biro Psikologi Laksita Educare melalui WhatsApp di nomor 08170434500 atau klik https://go.lei.co.id/wa

Rating Layanan
Klik untuk memberikan rating!
[Total: Average: ]