Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tes Bakat Dan Minat Dalam Pendidikan dan Pekerjaan

Konten [Tampil]

Sebelum membahas manfaat tes bakat dan minat sebelumnya kita perlu terlebih dahulu mengetahui pengertiannya. Bakat adalah potensi yang dimiliki individu yang masih perlu dikembangkan serta dilatih untuk menjadi lebih cakap sehingga memiliki keterampilan khusus. Secara fungsinya ada 2 jenis bakat yaitu:

manfaat tes bakat minat

Beberapa Manfaat Tes Minat dan Bakat

  1. Kemampuan di bidang khusus, seperti bakat di bidang seni, mekanik dan sebagainya.
  2. Bakat khusus yang dibutuhkan sebagai perantara untuk merealisir kemampuan khusus, seperti bakat melihat ruang (dimensi) akan sangat dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan di bidang tehnik arsitek.

Bakat tidak bersifat tunggal, melainkan berupa sekelompok sifat yang secara bertingkat akan membentuk bakat. Bakat baru akan muncul jika ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sehingga sangat mungkin jika seseorang tidak mengetahui dan mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang latent.

Pengertian Minat Menurut John Holland adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, serta memberikan kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu dimana dia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi. Bakat akan sulit untuk berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat pada bidang yang akan ditekuni.

Apa Tujuan Tes Bakat?

Tujuan dari Tes Bakat adalah membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai minatnya pada bidang-bidang tertentu, untuk kemudian dijadikan dasar dalam merencanakan serta membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan atau pekerjaan. Melalui tes bakat maka akan diperoleh gambaran mengenai berbagai bidang kemampuan dan minat seseorang.

Melalui tes psikologi ini akan terlihat bahwa setiap orang memiliki bakat-bakat tertentu dengan bidang dan derajat yang berbeda pada setiap orang. Guru dan orang tua dalam membimbing sangat perlu mengenali bakat anak-anaknya sehingga dapat memberikan pendidikan dan menyediakan pengalaman sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bagaimana Mengembangkan Bakat dan Minat Remaja?

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak ke masa dewasa. Pada periode ini anak akan mencapai kematangan fisik yang diharapkan juga diikuti dengan kematangan emosi dan perkembangan sosialnya. Karena masa peralihan maka remaja pada umumnya masih ragu-ragu akan perannya dan menimbulkan krisis identitas. 

Dalam usaha menemukan jati dirinya untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan pribadi serta tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya, maka penelusuran dan pengembangan bakat dan minat pada remaja menjadi sangat penting dan dibutuhkan. Sehingga dalam pengembangannya nanti, remaja tetap membutuhkan bimbingan dari orang tua dan lingkungan rumah maupun sekolah.

Beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua, guru atau lingkungan terdekat anak untuk mengembangkan bakat dan minat adalah:

  1. Sejak usia dini perhatikan dan cermati berbagai kelebihan, ketrampilan dan kemampuan yang tampak menonjol pada anak.
  2. Bantu anak untuk fokus dan meyakini kelebihan dirinya.
  3. Kembangkan konsep diri yang positif pada anak.
  4. Perkaya anak dengan berbagai wawasan, pengetahuan, serta pengalaman di berbagai bidang.
  5. Usahakan berbagai cara dalam meningkatkan minat anak untuk belajar dan menekuni bidang-bidang yang menjadi kelebihannya.
  6. Tingkatkan motivasi pada anak untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya.
  7. Berikan stimulasi pada anak untuk meluaskan kemampuannya dari satu bakat ke bakat yang lain.
  8. Berikan penghargaan dan pujian untuk setiap usaha yang dilakukan anak.
  9. Sediakan fasilitas atau sarana untuk mengembangkan bakat anak.
  10. Dukung anak untuk mengatasi berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengembangkan bakatnya.
  11. Jalin hubungan baik antara orang tua, guru, dengan anak atau remaja.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati dalam perkembangan bakat dan minat remaja yaitu :

  • Mengikuti minat teman
    Usia remaja adalah masa perkembangan yang ditandai dengan solidaritas tinggi terhadap teman-teman sebayanya. Remaja menjadi kurang memahami siapa dirinya memiliki kebutuhan yang besar untuk berada dan diakui dalam kelompoknya. Hal ini seringkali membuat remaja lebih cenderung mengikuti minat temannya dalam memilih bidang yang sebenarnya kurang sesuai dengan bakat dan minatnya. Untuk memilih bidang-bidang yang akan dikembangkannya, remaja perlu berdiskusi, memperoleh masukan dan bertukar pikiran dengan orang tuanya.
  • Penelusuran bakat dan minat secara dangkal
    Memperhatikan bakat dan minat anak membutuhkan usaha yang serius dan berkelanjutan. Tes bakat pada umumnya memadukan kemampuan intelektual ataupun ketrampilan dengan bakat dan minat yang dimiliki seseorang. Kemampuan tinggi tanpa didukung oleh minat akan membuat anak bisa berhasil dalam pendidikannya akan tetapi antusiasme untuk mempelajarinya kurang tinggi. Sedangkan minat dan bakat yang tinggi di suatu bidang tanpa didukung kemampuan akan membuat seseorang membutuhkan tenaga dan usaha ekstra keras untuk mencapainya. Selain hal tersebut tentunya di manapun seseorang belajar dan bekerja dibutuhkan motivasi belajar, daya juang dan ketekunan.

Apa manfaat tes bakat dan minat serta kendalanya?

Manfaat tes bakat dan minat sangat membantu bagi individu untuk lebih mengenali diri mereka sendiri. Namun banyak orang tidak selalu mudah menemukan bakat dan minat yang tepat karena beberapa hal :

  1. Siswa belum sepenuhnya menjajagi kemampuan, bakat serta minatnya.
  2. Kurangnya wawasan bidang studi atau lapangan pekerjaan yang ada.
  3. Tidak ada masukan dari lingkungan mengenai kelebihan dalam kemampuan atau bakat yang dimilikinya.
  4. Siswa hanya belajar tanpa mengtahui fungsi dan tujuan dari bidang studi yang dipelajarinya.
  5. Bidang yang diminati dan bakat yang dimiliki bervariasi.
  6. Bakat yang ada belum terasah atau kurang mendapat kesempatan untuk dikembangkan sehingga tidak kelihatan.
  7. Perasaan tidak mampu atau tidak berbakat dari pribadi yang bersangkutan ataupun dari lingkungannya.

Seseorang dapat mengenal bidang studi atau pekerjaan tertentu karena :

  • Memperoleh informasi mengenai berbagai bidang studi atau pekerjaan.
  • Membuka wawasan anak dengan mencari atau memberi informasi.
    Misalnya membawa anak dalam lingkungan orang tua membuat anak tahu dan mengenal bidang yang digeluti orang tua. Apalagi ketika orang tua menceritakan berbagai hal positif mengenai dunia kerjanya serta manfaatnya untuk orang lain ataupun lingkungan.
  • Berkaitan dengan pelajaran di sekolah.
    Misalnya seorang anak tertarik di ilmu kimia karena gurunya mengajar kimia dengan sangat menarik sehingga dia memutuskan untuk menjadi seorang ahli kimia.
  • Tertarik dan menyukai suatu bidang.
    Misalnya seorang siswa lulusan SMA awalnya berniat masuk Fakultas Kedokteran akan tetapi pada saat dia akan mendaftar dia melihat bahwa Bioteknologi masa kini sedang populer dan menarik, dan setelah mencoba mempelajari serta mencari tahu kemudian dia memilih bioteknologi dan berhasil berprestasi dengan baik karena dia menyukai.
  • Secara kebetulan atau tidak sengaja mendapat informasi.

Dimana Tempat Layanan Tes Minat dan Bakat di Yogyakarta?

Setiap individu memiliki suatu potensi bakat yang harus ditemukan dan bisa dikembangkan oleh individu tersebut untuk mencapai keberhasilan. Namun pada kenyataannya seringkali hanya sedikit sekali dari kemampuan tersebut teraktualisasi. Karena itulah sangat penting untuk mengetahui manfaat tes bakat dan minat untuk anak. Beberapa sekolah saat ini sudah bekerjasama dengan biro psikologi yang melayani jasa psikotes untuk mengetahui bakat dan minat siswa. Bahkan tidak jarang orang tua bahkan anak dengan keinginan sendiri yang ingin mengetahui bakat dan minatnya untuk mendapatkan layanan tes minat dan bakat di Yogyakarta. Untuk layanan tes minat dan bakat di Jogja anda dapat menghubungi :

Biro Psikologi Laksita Educare Insight
Jl. Wates Km.12 Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 55753 (Barat SMU Pangudi Luhur Sedayu)

  • Whatsapp : 08170434500 | atau klik https://go.lei.my.id/wa
  • Instagram : epsikologi
  • Facebook : http://fb.com/LaksitaEducare

Posting Komentar untuk "Manfaat Tes Bakat Dan Minat Dalam Pendidikan dan Pekerjaan"